Mau Diterima di PTN Favorit? Simak 7 Tips Masuk PTN Ini, Yuk!

Diterima dan menjalani masa kuliah di PTN favorit merupakan impian dari banyak orang. Namun, banyak yang gagal masuk universitas yang diinginkan karena kurangnya persiapan. Nah, agar peluang masuk kampus favorit lebih besar, kamu bisa ikuti 7 tips masuk PTN incaran di bawah ini.

7 Tips Masuk PTN Favorit

Untuk bisa masuk universitas impian, kamu harus benar-benar mempersiapkan diri sedini mungkin. Namun, apa yang harus disiapkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu bisa menerapkan 7 tips masuk PTN di bawah ini.

berikut tips masuk ptn favorit
Berikut Tips Masuk PTN Favorit

1. Berdamai dengan Diri

Secara garis besar, berdamai dengan diri adalah sebuah pendewasaan. Jadi, setiap orang akan menemukan titik temunya masing-masing. Namun, untuk bisa berdamai dengan diri, kamu bisa memulai dengan menerima semua pemberian Tuhan. Hal ini mencakup semua potensi dalam diri, bahkan setiap kekurangan yang kamu miliki.

Kamu harus mulai mengenal apa yang dirimu butuhkan dan juga apa yang kamu inginkan. Dengan begitu, kamu bisa memberi motivasi pada diri, saat apa yang kamu ekspektasikan tidak sesuai dengan realitas.

2. Temukan Passion dan Universitas Tujuan

Tips masuk PTN berikutnya adalah menemukan passion yang benar-benar menggambarkan dirimu. Hal ini akan sangat berhubungan dengan universitas tujuan kamu. Selain itu, dengan mengetahui kecenderungan peminatan, kamu bisa fokus menggeluti hal tersebut.

Cara terbaik untuk mengetahui passion dalam diri adalah dengan melakukan berbagai aktivitas baru yang dapat menumbuhkan peminatan diri. Saat kamu menemukan bahwa kegiatan yang dilakukan dapat merepresentasikan diri dan kamu nyaman, maka kemungkinan besar itu adalah passion-mu.

3. Berdiskusi dengan Orang Tua

Meski pilihan dan jalan hidup mutlak keputusan individu, kamu sebaiknya tetap menghormati orang tua dan melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan, termasuk dalam menentukan tujuan universitas dan bagaimana cara kamu menempuh jalan tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi kamu melakukan diskusi dengan orang tuamu. Selain menemukan solusi terbaik, tips masuk PTN ini juga menuntut kamu untuk bisa bernegosiasi dan membuat strategi.

4. Melakukan Riset Mendalam pada Universitas Tujuan

Tips selanjutnya adalah dengan melakukan riset mendalam pada universitas impian kamu. Kamu bisa memulai dari klasifikasi minimum PMB di kampus incaran kamu. Hal ini biasanya sangat berhubungan pada nilai akademis minimum. Riset juga estimasi biaya kuliah dan biaya hidup di kota tempat PTN berada.

Dalam melakukan riset ini, kamu bisa mulai dengan mengumpulkan informasi dari internet, membaca artikel atau brosur kampus, hingga bertanya pada senior atau guru. Makin akurat data yang kamu kumpulkan, persiapan yang akan kamu buat juga akan makin matang.

5. Pilih Lebih dari Satu PTN Tujuan

Walaupun memiliki persiapan yang matang dan riset mendalam, kamu juga harus mengambil tindakan pencegahan atau plan B dengan memilih lebih dari satu PTN tujuan.

Dengan memilih lebih dari satu tujuan PTN, pastinya kamu lebih bisa memotivasi diri apabila fakta di lapangan kamu tidak lolos pada pilihan universitas pertama. Hal ini juga akan membuat kamu lebih mawas diri dan pantang menyerah.

6. Perbanyak Latihan dan Ikut Bimbel

Persiapan tes masuk PTN selanjutnya adalah miliki bekal pengetahuan dan keterampilan yang cukup. Salah satunya adalah dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal untuk mengasah kemampuan kecepatan dan ketepatan berpikir dan analisis dalam menjawab soal-soal ujian masuk PTN.

Mengikuti bimbel juga dinilai efektif sebagai persiapan masuk PTN. Selain mendapat fasilitas belajar yang lebih mumpuni, kamu juga akan didampingi oleh guru pembimbing yang berpengalaman memberikan aneka tips dan trik cepat mengerjakan soal ujian PTN.

7. Pahami Prosedur Jalur Seleksi Perguruan Tinggi

Pada dasarnya, terdapat tiga jalur yang bisa kamu pilih untuk masuk perguruan tinggi, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Ketiga jalur tersebut memiliki ketentuan dan prosedur yang berbeda. Jika prestasi akademik kamu bagus, pilih jalur SNMPTN.

Namun, jika portofolio nilai kamu belum memenuhi syarat SNMPTN, kamu bisa coba menempuh jalur SBMPTN yang seleksinya berdasarkan nilai hasil UTBK. Bila jalur SBMPTN gagal ditempuh, ikutilah jalur Mandiri.

Itulah 7 tips masuk PTN yang bisa kamu siapkan sejak dini. Dengan usaha dan doa yang maksimal, bukan hal mustahil kamu bisa diterima di PTN favorit yang menjadi incaran kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *