Hindari Kesalahan Ini saat Daftar Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP termasuk salah satu jenis beasiswa yang paling diminati di Indonesia. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari beasiswa ini, seperti kesempatan berkuliah di luar negeri, biaya yang ditanggung penuh, sampai peluang berkontribusi dalam membangun negara. Banyaknya peminat menimbulkan persaingan ketat antarpelamar beasiswa. Agar kamu dapat mendaftar dengan lancar, hindari kesalahan-kesalahan berikut ini.

Tidak Menyiapkan Berkas untuk Beasiswa LPDP dengan Lengkap

Saat mendaftar beasiswa LPDP, ada cukup banyak berkas yang harus dibutuhkan. Beberapa jenis berkas yang diminta adalah KTP, Ijazah, Transkrip Nilai, Sertifikat Bahasa Asing, Surat Pernyataan, dan lainnya. Tanpa berkas yang lengkap, kamu akan gagal dalam proses seleksi administrasi.

Itu sebabnya sangat penting untuk mengecek kelengkapan berkas dengan teliti. Kamu bisa membuat checklist form agar langsung tahu berkas mana saja yang sudah tersedia dan mana yang belum. Tidak ada salahnya meminta bantuan teman atau keluarga untuk ikut memeriksa kelengkapan berkas.

daftar beasiswa lpdp
Tips Daftar Beasiswa LPDP

Kurang Riset Kampus

Sebelum mendaftar LPDP, kamu seharusnya sudah tahu di mana kamu ingin melanjutkan pendidikan, baik itu di perguruan tinggi dalam negeri atau luar negeri. Selain universitasnya, kamu juga harus memperhatikan lingkungannya.

Jangan asal saat memilih universitas dan negara yang dituju. Pengetahuan yang rinci tentang universitas dan negara yang dipilih itu sangat penting terutama pada saat proses wawancara. Bila kamu sendiri kurang paham dengan pilihanmu, pewawancara pun akan ikut meragukanmu.

Jadi, lakukan riset dengan cukup sebelum mendaftar. Contohnya, kamu ingin berkuliah di Australia, maka lakukan riset mengenai berbagai universitas di Australia, fasilitasnya, lokasi kampusnya, hingga kebudayaan mereka.

Mengakses Situs Web Lewat HP

Sekarang ini HP sudah memiliki banyak fitur canggih. Kamu dapat melakukan banyak hal di HP, seperti mengakses media sosial, mengambil foto dan video sampai berbelanja. Meski begitu, sebaiknya kamu tidak mengakses situs web LPDP dengan HP.

Ada banyak risiko saat mendaftar beasiswa LPDP lewat HP. Di antaranya adalah gagal submit berkas, susah mengakses situs web, sampai fitur situs web yang tidak didukung HP. Terlebih lagi, situs LPDP memiliki banyak pengunjung sehingga makin sulit dibuka lewat browser HP.

Karena itu, sebisa mungkin akses situsnya lewat PC. Bila kamu tidak memiliki PC, kamu dapat meminjam kepada teman atau saudara yang memilikinya. Perlu diingat juga untuk tidak mengakses situs di jam-jam ramai, seperti pagi atau siang hari.

Waktu Mendaftar yang Mepet Deadline

Mendaftar beasiswa LPDP memang tidak boleh terburu-buru untuk menghindari kesalahan. Namun, bukan berarti kamu bisa terus menundanya. Biasanya pada hari-hari terakhir pendaftaran, ada peningkatan pendaftar yang cukup signifikan sehingga mengakibatkan server down di situs.

Jangankan mencoba untuk submit berkas, membuka situsnya saja mungkin tidak bisa. Untuk menghindari masalah itu, mendaftarlah di minggu awal pendaftaran. Siapkan berkas pendaftaran dari jauh hari sebelum waktu pendaftaran dibuka.

Utamakan berkas yang sekiranya memakan banyak waktu, seperti sertifikat TOEFL atau IELTS. Agar sertifikat langsung tersedia saat pendaftaran dibuka, ikuti tes sebelum mendaftar beasiswa.

Menulis Esai ala Kadarnya

Esai adalah bagian penting dari pendaftaran beasiswa LPDP. Esai yang dibuat tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga harus mampu meyakinkan tim penyeleksi LPDP. Dengan esai yang baik, kemungkinan masuk ke tahap wawancara pun jadi lebih besar.

Dari esai ini juga akan terlihat kemampuan dan persiapan pelamar beasiswa. Pelamar yang sudah siap tentunya mampu menjabarkan diri sendiri, study plan, kontribusi terhadap negara, dan komitmen lainnya dengan lancar. Begitu juga dengan isi esai yang seadanya, esai itu akan memberi kesan jika penulisnya belum siap dan kurang meyakinkan.

Oleh karena itu, jangan menulis esai secara asal-asalan. Sebaiknya persiapkan banyak waktu saat menulis esai agar hasilnya lebih maksimal. Tidak hanya itu, buatlah esai dengan kerangka yang rapi dengan bahasa yang mudah dipahami.

Penutup

Beberapa kesalahan yang disebutkan tadi memang terkesan sederhana, tetapi dampaknya cukup besar untuk pelamar beasiswa LPDP. Salah sedikit saja bisa membuat kamu gagal di tahap awal. Itu sebabnya jangan pernah menyepelekan setiap proses agar perjuangan mendapatkan beasiswanya tidak sia-sia.

Bila kamu tertarik, beasiswa ini dibuka setiap tahun. Kamu bisa mempersiapkan diri sejak awal dengan melakukan riset terhadap orang yang pernah lulus LPDP. Dengan begitu, kamu jadi lebih tahu apa saja yang harus dipersiapkan.

Referensi:

https://www.yec.co.id/beasiswa/11-kesalahan-seleksi-administrasi-beasiswa-lpdp/
https://oyi.or.id/artikel/yuk-hindari-4-hal-penting-yang-bikin-kamu-ga-lolos-lpdp
https://gaya.tempo.co/read/1393455/lpdp-dibuka-hindari-4-hal-ini-saat-bikin-esai-beasiswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *