Belajar Lebih Efektif! Ini 5 Kelebihan Belajar Online

Dampak pandemi cukup berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Dalam menghadapi masa pandemi, banyak sekolah yang mengadakan pembelajaran secara daring. Ya, belajaonline menjadi salah satu solusi agar pembelajaran tetap bisa dilaksanakan dengan baik.

Meski tidak sedikit orang tua yang khawatir pembelajaran tidak berlangsung lancar, sekolah daring sesungguhnya menawarkan kelebihan yang membuat metode belajar ini cukup efektif. Untuk itu, para orang tua sejatinya tidak perlu terlalu khawatir.
Apa yang Dimaksud dengan belajar Online?

Sebelum membahas mengenai kelebihannya, kamu perlu tahu terlebih dahulu, sebenarnya apa sih belajar online itu sendiri?
Cukup banyak istilah yang digunakan untuk pembelajaran secara online, seperti sekolah daring (dalam jaringan), e-learning, virtual, dan lain sebagainya. Nah, sekolah secara online berarti melakukan pembelajaran tanpa tatap muka. Pembelajaran berlangsung secara daring pada sebagian jam pembelajaran maupun menyeluruh. Pelajar maupun mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran melalui smartphone maupun komputer yang terhubung dengan internet.

Kelebihan Belajar Online

Berikut beberapa kelebihan sekolah daring yang dapat meningkatkan efektivitas proses belajar.

kelebihan belajar online dibandingkan tatap muka
Kelebihan Belajar Online

Bisa dilaksanakan dari mana saja dan kapan saja.

Salah satu kelebihan dari belajar secara daring ialah pelajar dapat mengikuti kegiatan pembelajaran meski berada di tempat yang jauh. para pelajar dapat mengikuti pembelajaran hanya dengan berbekal gadget, jaringan internet, dan aplikasi daring, seperti Zoom, Google Meet, dan lain sebagainya.

Selain itu, efisiensi waktu menjadi salah satu pertimbangan dari adanya pembelajaran secara virtual. Pelajar dapat mengulang pembelajaraan dengan melihat rekaman yang sudah terlaksana sehingga akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan pengajar.

Mudah berinteraksi secara dinamis antara pengajar dan pelajar

Dengan adanya pengaturan mode suara maupun video, interaksi antara guru dengan murid maupun dosen dengan mahasiswa menjadi lebih efektif dan dinamis. Mereka dapat berdiskusi dan menyampaikan gagasan satu sama lain tanpa adanya distraksi. Hal ini meningkatkan keefektivitasan belajar.

Lebih sistematis

Berbeda dengan diskusi secara langsung, belajar online akan memberikan ruang pada pengajar maupun pelajar untuk berefleksi sejenak sebelum menyampaikan gagasan. Pelajar juga dapat belajar bagaimana menyampaikan pendapat dengan sistematis dan terstruktur. Sebaliknya, diskusi secara langsung menawarkan sedikit ruang untuk pelajar memikirkan secara matang apa yang ingin disampaikan.

Lebih mudah dalam mengakses materi.

Memanfaatkan folder platform pembelajaran pada sistem online sangat membantu para pengajar dalam menyimpan materi-materi yang akan diajarkan. Hal ini juga memudahkan para pelajar untuk mengakses materi dengan mudah. Selain materi-materi dari guru maupun dosen, pelajar juga bisa mengakses perpustakaan online sebagai referensi tambahan. Meski begitu, buku tetap menjadi referensi utama yang terbaik, ya!

Membangun kemandirian dan tanggung jawab sebagai pelajar.

Berbeda dengan pembelajaran secara tatap muka, belajar online berlangsung tanpa adanya pengawasan dari pihak pengajar secara langsung. Hal ini akan mendorong pelajar untuk belajar dan berlatih secara mandiri dalam rangka mendalami ilmu yang didapatkannya.

Selain membangun kemandirian, belajar secara online tentu membangun rasa tanggung jawab. Pengajar hanya dapat mengawasi sejauh mana pemahaman pelajar dan sudah sampai mana tugas yang diberikan dikerjakan. Harapannya pelajar memiliki rasa tanggung jawab dengan tugas yang diberikan meski tanpa adanya pengawasan secara langsung.

Kekurangan Belajar Online

Segala sesuatu tentu ada kelebihan dan kekurangan. Sekolah secara virtual juga memiliki kekurangan yang menjadi pertimbangan para orangtua. Salah satunya ialah tidak semua orang memiliki gadget dan jaringan internet, padahal keduanya merupakan hal paling penting yang dibutuhkan. Selain itu juga tidak semua orang mampu memahami penggunaan aplikasi pembelajaran.

Adapun evaluasi kinerja pembelajaran secara online juga belum memiliki metode yang efektif maupun standarisasinya. Hal ini menjadi pertimbangan para orangtua apakah kualitas sistem belajarnya baik atau di bawah ekspektasi.

Nah, sudah tahu kelebihan belajar online? Buat kamu yang sedang menjalankan pembelajaran secara online, diharapkan dapat bijak dalam menggunakan jaringan internet, ya! Atau buat yang memiliki anak, dianjurkan untuk tetap mengawasi setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan anak di rumah. Hal ini guna mengurangi risiko yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *